Sejarah Linux


          Sejarah Linux dimulai dari UNIX, sebuah system operasi yang lahir tahun 1969 di AT&T Bell Laboratories. Unix adalah system operasi yang multi user yang efisien, selain itu juga UNIX mampu mengerjakan lebih dari satu tugas pada waktu yang bersamaan yaitu multi tasking. Versi pertama UNIX dipublikasikan dengan Free ke beberapa universitas untuk kepentingan riset. Oleh karena itulah kemudian muncul system operasi-sistem operasi lain yang mirip dengan UNIX(UNIX LIKE). Diantara system operasi-sistem operasi tersebut yang pertama kali ada, yang dikeluarkan oleh Universitas of California - Barkeley, adalah Barkeley Software Distribution(BSD). Setelah itu bermunculan pula OS seperti System V, Sun OS dan Xenix.


          Salah satu system operasi Unix-like yang kemudian muncul Linux, yang awalnya didesain spesifik untuk plastform berbasis Intel. Linux berawal dari proyek pribadi seorang mahasiswa Ilmu Komputer Universitas Helsinki, yang bernama Linus Benedict Torvalds. Linus berkeinginan membuat suatu versi Unix untuk PC yang efektif bagi para pengguna Minix, sebuah program yang dibuat oleh Prof. Tannebaum. Pada tahun 1991 Linux me release Linux versi 0.11 melalui internet dan kemudian mendapat respon baik dari penggunanya yang sebagian besar adalah developer C. Kemudian bantuan para sukarelawan seluruh dunia inilah hingga saat ini Linux menjadi salah satu Sistem Operasi yang tangguh dan dipakai oleh banyak orang di seluruh dunia

Komponen-Komponen Linux
          Seperti Unix, Linux secara umum terdiri dari tiga komponen utama, yaitu : Kernel, Environtment dan Struktur File.

Kernel
          Kernel adalah inti dari program, yang berfungsi menjalankan fungsi fungsi OS dan mengatur perangkat keras seperti hardisk dan printer. Versi kernel Linux terdiri dari tiga segmen : Major, Minor, Revision number. Major number berubah jika terjadi perubahan secara besar besaran dalam kernel. Minor number menandakan kestabilan dari kernel versi tersebut. Sedangkan Revision Number menunjukan versi perbaikan. Terkadang jika anda menerapkan patch kernel, maka patch number di bagian akhir versi kernel tersebut.

Environtment
Environtment yang dimaksud adalah sekumpulan layanan yang menyediakan antarmuka antara kernel dengan user. Selanjutnya environtment ini sering disebut juga dengan istilah interpreter(penerjemah). Environtment digunakan untuk menerjemahkan perintah yang diketikan oleh user dan mengirimkan perintah tersebut ke kernel. Linux menyediakan environtment seperti Windows Manager (WM) dan Commond Live Interface/Shell (CLI). Setiap user di mesin Linux yang sama, mengatur environtment sesuai dengan keinginan mereka.
          Shell interface sangat sederhana dan biasanya terdiri dari sebuah prompt tempat dimana user mengetikan perintah dan kemudian menekan ENTER agar perintah tersebut dapat dieksekusi. Sedangkan WM menyediakan Graphic User Interface (GUI), sehingga akan lebih user friendly terutama bagi pemula Linux. Apalagi yang sudah terbiasa dengan Microsoft Windows atau MacOS.

Struktur Direktori
Struktur file yang dimaksud adalah cara Linux mengorganisasikan file-file yang tersimpan di media penyimpanan. File-file tersebut di organisasikan ke dalam direktori-direktori , dan direktori-direktori tersebut akan terdapat pula subdirektori-subdirektori yang berisi file-file, demikian seterusnya.
          Secara bersama-sama, ketiga komponen diatas, kernel, environtment dan struktur file akan membentuk dasar sebuah OS, dan dengan ketiganya pula kita dapat menjalankan program, menyimpan file dan berinteraksi dengan system/ Pada dasarnya Linux adalah hanyalah kernel seperti yang direlease oleh linus. Jadi hanya ada satu standar Linux. Barulah jika kemudian kernel tersebut dipadukan dengan environtment (CLI atau WM) dan program program lain, maka menjadi sebuah OS yang legkap.

Program-program Linux
          Software-software Linux dapat ditemukan di Internet. Software-software tersebut dibuat oleh para sukarelawan dan sebagian di release secara FREE. Penyumbang utama software-software Linux adalah GNU atau Free Software Foundation. GNU ini diprakarsai oleh Ricard Stalman. Linux lebih mengetahui tentang GNU silahkan berkunjung kesitus mereka GNU.Org. Sebagian besar software Linux di publikasikan menggunakan lisensi GNU yakni General Public Lisence.
          Program-program Linux selain Free dalam arti luas juga menggunakan prinsip Open Source( keterbukaan kode sumber ) oleh karena itu pendistribusian software Linux biasanya melalui source code, dengan demikian akan mudah para developer atau user lain dapat dengan mudah mengetahui kode-kode program tersebut. Jika program-program tersebut disediakan dalam kode sumber biasanya dalam bentuk file terkompresi *.tar.gz, *tar.bz2, atau zip. Selain dalam bentuk kode sumber program Linux juga didistribusikan dalam bentuk file binary seperti *.rpm , *.tgz dan *.dep. Program yang didistribusikan dalam bentuk binary ini lebih mudah dalam installasi.
          Software-software untuk Linux dapat diperoleh atau juga biasanya dapat di peroleh dari CD distribusi yang menyediakan paket software Linux atau juga biasanya di peroleh dari internet. Situs yang menyediakan program-program Linux antara lain : freasmeat.net , sourceforge.net rpmfind.net atau di gnu.org

Distribusi Linux
          Seperti diketahui, bahwa hanya ada satu kernel Linux dan untuk menjadi OS kernel tersebut haurs digabungkan dengan program-program pendukung lainnya. Beberapa organisasi dan perusahaan kemudian mempaketkan kernel Linux dan software-software tersebut dengan cara masing-masing. Paket tersebut disertai dengan program installasi yang akan memudahkan pengguna. Kemudian paket tersebut direlease yang biasanya dalam bentuk CD-ROM. Cara pemaketan kernel Linux dengan software-software sehingga menjadi OS yang lengkap inilah yang dinamakan sebagai distribusi Linux. Atau biasanya disingkat Distro. Distro-distro tersebut semuanya menggunakan kernel yang sama yakni kernel Linux yang di release oleh Linus.

Contoh-contoh beberapa distribusi Linux yang beredar di dunia:

SuSE                                   suse.com
Slackware                          slackware.com
Debian                                debian.com
RedHat                               redhat.com
Mandrake                          mandrake.com
Trustix Merdeka             trustix.co.id
Winbi-software-Ri          software-ri.or.id
Dan lain-lain

0 komentar:

Posting Komentar

Komentar Ya......