Sabtu, 24 Oktober 2009

Mengetahui IP Router yang kita lewati saat Berinternetan

Sebelum membahas lebih lanjut postingan ini maka saya akan menjelaskan pengertian router. Bagi orang awam pasilah belum mengenal istilah router ini, jadi apasih router itu ?. Pastinya akan bertanya-tanya, Router adalah sebuah alat jaringan komputer yang mengirimkan paket data melalui sebuah jaringan atau Internet menuju tujuannya, melalui sebuah proses yang dikenal sebagai routing. Proses routing terjadi pada lapisan 3 (Lapisan jaringan seperti Internet Protocol) dari stack protokol tujuh-lapis OSI.

Router berfungsi sebagai penghubung antar dua atau lebih jaringan untuk meneruskan data dari satu jaringan ke jaringan lainnya. Router berbeda dengan switch. Switch merupakan penghubung beberapa alat untuk membentuk suatu Local Area Network (LAN).

Secara umum, router dibagi menjadi dua buah jenis, yakni:
static router (router statis): adalah sebuah router yang memiliki tabel routing statis yang diset secara manual oleh para administrator jaringan.
dynamic router (router dinamis): adalah sebuah router yang memiliki dan membuat tabel routing dinamis, dengan mendengarkan lalu lintas jaringan dan juga dengan saling berhubungan dengan router lainnya.



Oke kita kembali ke pokok bahasan utama yaitu Mengetahui IP Router yang kita lewati saat Berinternetan. Hal ini bertujuan untuk memberikan info saja mengenai jaringan yang biasaya dilewati pada saat berinternetan dan juga untuk peng Eksploitasian oleh para hacker yang sudah expert untuk melumpuhkan jaringan internet( Hal Ini Tidak Di Anjurkan ). Ok sekarang bagaimana untuk mengetahui IP router yang dilewati pada saat internetan. Cara yang digunakan ada 2, pertama melalui Command Prompt( CMD ) yang kedua menggunakan software, software yang digunakan adalah Neo Trace.

Untuk cara pertama kita ketikan CMD pada RUN setelah muncul ketikan tracert IP/WEB yang akan kita mau ketahui misal tracert www.yahoo.com lalu akan muncul IP router yang kita lewati seperti pada gambar dibawah ini :



Yang kedua menggunakan software neo trace bisa download disini. Caranya mudah sekali tinggal masukan saja IP atau alamat web yang akan kita lakukan dalam pengetesan ini, misal www.yahoo.co.id lalu klik tombol trace sebelah kiri tulisan Host To Trace setelah itu akan muncul IP Router yang dilewati, seperti gambar dibawah ini :



Semoga bermanfaat



4 komentar:

  1. trus fungsinya apa bos, maklum newbie

    BalasHapus
  2. wah...asyik..nich...makasih bozz ilmuna..

    BalasHapus
  3. ty berguna banget ni kk heheh.....
    klo gak salah ip kita bisa diganti sama ip router agar akses internet kita bisa lebih cepat misal dalam suatu warnet ada 3 router terus kita pake semuannya yang laen bisa lemot betul gak kk cuma buat pengetahuan aja kk bales ya?

    BalasHapus

Komentar Ya......