Teknologi USB 3.0


Ternyata, kecepatan dan akses nirkabel merupakan fasilitas yang paling banyak diharapkan orang dari sebuah perangkat USB. Itulah yang menjadi alasan mengapa komunitas pengembang USB terus mendongkrak kinerja produknya. Hasil kerja keras mereka adalah generasi baru USB, USB nirkabel dan USB 3.0, yang aka hadir pada tahun ini.

USB Nirkabel

Mari berkenalan dengan USB nirkabel. Perangkat ini menggunakan platform WiMedia MB-OFDM Ultra-wideband yang dikembangkan oleh WiMedia Alliance. Ia digunakan seperti Bluetooth, yakni dengan membentuk Personal Area Network (PAN). Penggunaanya tinggal memasang adapter (yang bekerja seperti acces point) agar setiap perangkat yang mendukung USB nirkabel dapat terhubung ke komputernya. Dengan kecepatan transfer maksimum 480 Mbps pada jarak 3 meter dan 110 Mbps pada jarak 10 meter, USB nirkabel menawarkan akses yang lebih tinggi dibandingkan Bluetooth. Ia bekerja pada frekuensi 3,1GHz hingga 10,6GHz, meskipun nantinya masing-masing negara akan menerapkan aturan tersendiri terkait frekuensi yang boleh digunakan.





USB 3.0

Teknologi USB yang baru ini sanggup menangani file hingga 25GB lebih. Ia menjanjikan kecepatan 10 kali lebih tinggi dan kompatibilitas dengan teknologi sebelumnya. Ia pun menjanjikan konsumsi daya yang lebih hemat. Sebagai ilustrasi, dengan USB 3.0, Anda dapat mengunduh file HD-DVD sebesar 27 GB hanya dalam waktu 70 detik!

Selain ditargetkan untuk memiliki kecepatan 10 kali lebih tinggi dari USB 2.0, USB 3.0 juga mengusung dukungan koneksi optik yang tetap kompetibel dengan versi lamanya (backward compatibel). Meski saat ini spesifikasi lengkapnya belum selesai, diharapkan spesifikasinya sudah lengakap pada semester pertama tahun ini.

Bersama sejumlah perusahaan TI terkemuka, seperti HP, Microsoft, NEC, NXP, Semiconductors, dan Texas Instruments, Intel membentuk USB 3.0 Promoter Group. Kelompok tersebut bekerja sama dengan USB-IF (USB Implementers Forum), berkomitmen untuk menjaga infrastruktur dan investasi yang sudah ada saat ini berkaitan dengan teknologi USB, termasuk cara penggunaanya, kemudahannya, dan desain bentuknya, sambil terus mengembangkan kemampuan teknologinya.

Sebagai informasi, USB-IF merupakan forum yang telah ada sebelum terbentuknya USB 3.0 Promoter Group. Forum tersebut dibentuk sebagai organisasi dan forum pendukung pengembangan dan adopsi teknologi USB. Selain memfasilitasi pengembangan perangkat USB berkualitas tinggi yang kompetibel, forum tersebut juga mempromosikan manfaat USB dan menjanjikan kualitas produk-produknya telah melalui tahap uji kesesuaian. (PCplus, 295)

1 komentar:

Marina mengatakan...

Wah tambah ketinggalan jaman dong saya.... Saya masih pake FD 64 MB jadul...

Posting Komentar

Komentar Ya......